RS. UMM & Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono

RS UMM

rumah-sakit-universitas-muhammadiyah-malang

RS.universitas muhammadiyah malang adalah salah satu amal usaha yang di miliki muhammadiyah khususnya yang di kelolah oleh universitas muhammadiyah malang. RS. universitas muhammadiyah malang sekarang telah menyandang rumah sakit unggulan yang di miliki lembaga pendidikan muhammadiyah. sudah banyak konsumen yang menyatakan bahwah rumah sakit universitas muhammadiyah malang adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan yang cukup prima. DI mana rumah sakit muhammadiyah malang telah di resmkikan oleh dua tokoh nasional yaitu ibu megawati soekarnoputri dan bapak jusuf kalla, Kala itu beliau adalah calon wakil presiden pada pemilihan pilpres pada tahun 2014 yang lalu. dan kedua tokoh tersebut sangat mengapresiasi kepada muhammadiyah yang telah mampu  memberikan kontribusi kepada bangsa indonesia khususnya di bidang kesehatan yang dimiliki lembaga pendidikan muhammadiyah. Dan beliau berpesan pula untuk selalu menambah tenaga tenaga medis yang propesional dan para ahli di bidang kesehatan. Dan beliau pula berjanji akan memberikan fasilitas pendukung berupa lima unit mobil ambulance yang akan di berikan secara langsung kepada rumah sakit universitas muhammadiyah malang ini

 

Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono

index

Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono terletak di dalam Komplek Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang di di Jl. Tlogomas, sekitar 500 meter dari kampus III Universitas Muhammadiyah Malang.

Rektor UMM, Dr. Muhadjir Effendy, MAP berharap agar keberadaan masjid ini akan menjadi fasilitas untuk mendekatkan rumah sakit dengan masyarakat. Masjid yang sudah lebih dulu selesai dibangun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Menurut beliau membangun moral jauh lebih penting sebelum membangun fisik. Itulah hal yang menjadi landasan utama kenapa pihak rektorat UMM lebih memprioritaskan pembangunan masjid daripada pembangunan fisik Rumah Sakit.

Dipilihnya arsitektur Tiongkok dengan tiga lapis atap masjid, menandakan bahwa UMM bersifat terbuka, plural dan bisa belajar dari mana saja, termasuk ke negeri China. Tiga lapis atap yang mirip masjid Muhammad Cheng Ho Pasuruan itu, menandakan kekuatan Iman, Islam dan Ihsan.
Masjid Kyai Bedjo memiliki struktur bangunan yang khas. Gaya arsitekturnya meniru gaya Tionghoa, yang mengingatkan kita pada bentuk bangunan masjid Muhammad Cheng Ho di Pasuruan. Filosofi yang hendak dibangun dari bentuk bangunan itu, diambil dari anjuran Islam untuk mencari ilmu hingga ke negeriCina. Dengan demikian, siapapun yang melihat dan berkunjung di masjid itu diharapkan bisa terinspirasi hadis nabi ‘tuntutan ilmu sampai ke Cina.

 

Leave a Reply